cover
Contact Name
Hasruddin Nur
Contact Email
asrul23.23.a2@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asrul23.23.a2@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Phinisi Integration Review
ISSN : 26142325     EISSN : 26142317     DOI : -
Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review menerima artikel atau tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil kajian analitis, penelitian, aplikasi teori, dan pembahasan perpustakaan tentang ilmu pengetahuan sosial terdiri dari pendidikan sejarah, pendidikan IPS terpadu, pendidikan ekonomi, IPS Ke SD-an, Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan, pendidikan sosiologi, Pendidikan Antropologi.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): Agustus" : 19 Documents clear
Kapitalisasi Ruang dan Marginalisasi Masyarakat di Sekitar Kawasan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Adi Sumandiyar; Hasruddin Nur
Phinisi Integration Review Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v3i2.14903

Abstract

Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme, yakni memahami (verstehen) proses makna, dan efek dari kontestasi wacana dalam pola hubungan relasi antara aktor kelompok penguasa dan kelompok pengusaha dalam studi politik atmosfer Maros di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwaPerubahan formasi sosial yang menciptakan ruang secara representasional yang didominasi oleh kapitalisme yang berdampak pada kapitalisasi ruang perkotaan. Ketika itu terjadi maka masyarakat dikelompokkan. Penciptaan ruang secara representational yang menunjukkan keterwakilan kelompok-kelompok tertentu yang menguasai ruang menyebabkan terjadinya pemisahan dari keluarga dan kelompok kerabatnya, sehingga masyarakat lahir dalam bentuk segmentasi (dikelompokkan), sehingga melahirkan kapitalisasi ruang dan marginalisasi masyarakat.
Pernikahan Tolotang Di Kelurahan Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang Wihdaniah Wihdania; Andi Agustang; Arlin Adam
Phinisi Integration Review Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v3i2.14426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mendeskripsikan Proses Pernikahan Towani Tolotang Di Kelurahan Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang (ii) Mendeskripsikan mengapa proses perkawinan Towani Tolotang tetap bertahan di tengah arus modernisasi kehidupan. (iii) Mendeskripsika nilai-nilai sosial dalam perkawinan Towani Tolotang di Kelurahan Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang? Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan pernikahan Tolotang Di Kelurahan Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data yaitu triangulasi sumber yaitu untuk mengkaji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah di peroleh melalui beberapa sumber. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (i) Proses Pernikahan Towani Tolotang Di Kelurahan Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang yaitu berawal dari tahapan sebelum nikah (pra nikah), tahapan nikah/resepsi  dan tahapan setelah nikah (pasca nikah) (ii) proses perkawinan Towani Tolotang tetap bertahan di tengah arus modernisasi kehidupan karena adanya keyakinan yang kuat yang bersumber dari nenek moyang dan adanya keinginan mempertahankan tradisi. (iii) nilai-nilai sosial dalam pernikahan Towani Tolotang di Kelurahan Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang yaitu nilai gotong royong, nilai tolong menolong, nilai kekeluargaan, nilai kepedulian, dan nilai pengormatan
Diskriminasi Sosial Anak Penderita Kusta di Kota Makassar Arisal Arisal; Andi Agustang; Muhammad Syukur
Phinisi Integration Review Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v3i2.14970

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana proses diskriminasi sosial terhadap anak penderita kusta di Kecamatan Tamalate Kota Makassar, 2) Bagaimana faktor penyebab diskriminasi sosial terhadap anak penderita kusta di Kecamatan Tamalate Kota Makassar, 3) Bagaimana dampak stigma masyarakat terhadap anak penderita kusta di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dengan penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive simpling  informanya adalah anak penderita kusta di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) proses diskriminasi sosial terhadap anak penderita kusta antara lain: Mekanisme Pertahanan Psikologi, perasaan kecewa, adanya sejarah, perasaan tidak selamat dan rendah hati, persaingan dan eksploitasi, dan corak sosialisasi. 2) faktor penyebab diskriminasi sosial terhadap anak penderita kusta antara lain: Diskriminasi berdasarkan suku/etnis, ras, dan agama/keyakinan, diskriminasi berdasarkan jenis kelamin dan gender, diskriminasi terhadap penyandang cacat, dan deskriminasi kasta sosial. 3) Dampak stigma masyarakat terhadap anak penderita kusta adalah stigma masyarakat dengan adanya diskriminasi sosial anak penderita kusta sekarang sudah berkurang. Artinya, sudah banyak masyarakat yang tidak takut lagi berinteraksi dengan masyarakat penderita kusta maupun keluarganya karena sudah memahami bahwa penyakit kusta tidak akan menular ketika penderita sudah melakukan pengobatan secara rutin.
Kain Tenun “ Kamooru “ Di Kabupaten Muna (1990 – 2019) Ana Fajarningsi; Andi Ima Kesuma; Ahmadin Ahmadin
Phinisi Integration Review Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v3i2.14883

Abstract

The study discusses on woven fabric typical of Muna district, which is one of the distinctive cultural heritages of Muna ethnic. The weaving craft is done by weavers by using gedogan tools and ATBM. The Masalili village is the center of a weaver village in Muna district, which has a unique weaving and is rich in decorative motifs. The focus of this study is the history of making Muna woven fabric so it shows its existence to date as well as explain and document various kinds of woven motifs that are produced so it shows its development without eliminating traditional elements. Based on this topic, the purpose of this study is to determine the initial process of making Muna weaving in Masalili village, Kontunaga sub-district in Muna district to produce a variety of motifs and philosophies existed on the fabric sheet. This research method employed descriptive analysis with a qualitative approach. Data collections were conducted with literature study, observation, interview, and documentation. In this study, the author tries to explain brief history of the originator of Muna weaving, the process of making Muna weaving using gedogan tools and ATBM, the marketing flow of Muna weaving, and the existence of Muna weaving so it can marketed internationally.
Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jeneponto Sahabuddin Sahabuddin; Hasnawi Haris; Hamsu Abdul Gani
Phinisi Integration Review Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v3i2.14904

Abstract

Madrasah sebagai wahana pendidikan karakter berlangsung proses transformasi nilai-nilai luhur melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan kata kunci dari proses transformasi nilai-nilai luhur di Madrasah. Guru menjadi transformer nilai-nilai luhur kepada peserta didik untuk menjadi bagian dari masyarakat yang berbudaya. Penelitian Ini bertujuan (i) Untuk mengetahui bagaimana implementasi penguatan pendidikan nilai – nilai karakter  ke dalam mata pelajaran Agama dan PPKn di MTs Negeri 1 Jeneponto, (ii) Untuk mengetahui bagaimana implementasi penguatan pendidikan nilai-nilai karakter melalui pengembangan diri di MTs Negeri 1 Jeneponto, dan (iii) Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penguatan pendidikan nilai-nilai karakter di MTs Negeri 1 Jeneponto.Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari (i) para Tenaga pendidik PPKn, dan (ii) para Tenaga Pendidik Agama. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi penguatan pendidikan nilai-nilai karakter melalui pengintegrasian ke dalam mata pelajaran Agama dan PPKn di MTs Negeri 1 Jeneponto mencakup beberapa aspek diantaranya (i) Mampu menanamkan nilai-nilai kejujuran dan cinta tanah air antar sesama, (ii) membentuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air antar sesama  (iii) Implementasi Proses pembelajaran pendidikan karakter dalam mencapai tujuannya adalah dengan menyiapkan silabus, RPP dan memperhatikan rana afektif dan koknitif dalam proses pembelajaran, dan (iv) Memberikan motivasi terhadap para peserta didik dan mampu memberikan semacam penghargaan kepada mereka agar mampu meningkatkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Pada Implementasi penguatan pendidikan nilai-nilai karakter melalui pengembangan diri di MTs Negeri 1 Jeneponto meliputi (i) Mampu memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan keagamaan terhadap peserta didik dan mampu menjelaskan makna tentang Bhineka Tunggal Ika (ii) Tenaga pendidik mampu menerapkan metode pembelajaran dengan strategi memberikan pemahaman terhadap para peserta didik dengan kehidupan sosial mereka. (iii) tenaga pendidik mampu menanamkan rasa patriotisme terhadap para peserta didik.
Pergeseran Pemaknaan Perayaan Tradisi Saiyyang Pattu’duq di Tinambung Polewali Mandar Masita Masita; Andi Agustang
Phinisi Integration Review Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v3i2.14425

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan tradisi Saiyyang Pattu’duq serta untuk mengetahui faktor penyebab pergeseran pemaknaan tradisi Saiyyang Pattu’duq.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan secara khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara dengan melibatkan 8 orang informan dengan kriteria yaitu budayawan Mandar, guru mengaji, orang tua yang pernah mengkhatamkan anaknya, anak yang pernah khatam Al-Qur’an dan tokoh masyarakat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pelaksanaan perayaan tradisi Saiyyang Pattu’duq tata cara pelaksanaannya melalui beberapa prosesi yang dimulai dari ma’barazanji, marrattas baca (mengulangi bacaan Al-Qur’an) di depan guru mengaji. 2) faktor penyebab terjadinya pergeseran pemaknaan perayaan tradisi saiyyang pattu’duq yaitu (a) Faktor yang pertama adalah adanya atau mulai munculnya kehidupan modern terlihat pada proses pelaksanaannya yang dipadukan dengan sentuhan-sentuhan modern (b) Faktor ke dua adalah faktor ekonomi, dalam pelaksanaan tradisi Saiyyang Pattu’duq membutuhkan dana yang tidak sedikit dan masih banyak masyarakat yang kurang mampu. Sehingga masyarakat mulai terdorong untuk melaksanakan tradisi Saiyyang Pattu’duq ini apabila ada yang ingin mensponsori dan memfasilitasi pelaksanaan perayaan tradisi Saiyyang Pattu’duq, adapun sebagian masyarakat yang melaksanakan tradisi ini bersamaan dengan hari pernikahan agar dapat menghemat biaya.
Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Muhammad Zul Ahmadi; Hasnawi Haris; Muhammad Akbal
Phinisi Integration Review Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v3i2.14971

Abstract

Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui: (i)implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa;(ii) faktor pendukung dalam  implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa;dan (iii) faktor penghambat dalam implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa.Penelitian menggunakanjenis penelitiankualitatif dengan pendekatan deskriptif.Berdasarkansumbernya,jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui metode wawancara terhadap guru dan siswa serta dokumentasi dan observasi. Sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai literatur seperti buku, undang-undang maupun sumber lain yang berkaitan. Pengolahan dan penyajian data dilakukan secara deskriptif.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: (i)Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Bontomarannu sudah berjalan namun pelaksanaannya belum maksimal. (ii) Faktor pendukung dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu adalah adanya kompetensi guru, kerjasama yang baik dari wali peserta didik, kurikulum sekolah yang sudah baik, serta pengawasan intens dari kepala sekolah. (iii) Faktor penghambat dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu adalah sarana dan prasarana, kualifikasi akademik guru yang tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, adanya karakter yang berbeda-beda pada peserta didik serta kedisiplinan peserta didik yang masih rendah.
Pengaruh Mentoring Dosen Pembimbing Akademik terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia Harti Oktarina; Sitti Hajar Aswad
Phinisi Integration Review Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v3i2.14884

Abstract

This study aims to: (1) find out how the implementation of academic guidance for students of the 2016 STKIP Pembangunan Indonesia Economic Education study program, (2) find out how the academic achievements of the STKIP 2016 Indonesian Economic Education Study Program, (3) find out how the influence of academic guidance to the improvement of academic achievement of students of the 2016 STKIP Pembangunan Indonesia economic education study program. in this study were 17 students of the 2016 economic education study program. Data collection techniques using a questionnaire. Data analysis techniques using simple linear regression analysis with the help of the SPSS program. The results showed that the Mentoring of academic supervisors in the 2016 class of economic education study program was included in the qualification sufficiently in its effect on improving academic achievement. Student academic achievements in the 2016 economic education study program included in the medium qualification. This can be seen in the average results of student learning achievement is 3.66 located at intervals of 3.51 - 4.00 and including Cum Laude qualification level. There is an influence between the mentoring lecturers of academic advisers on the academic achievements of students of the 2016 Economic Education Study Program STKIP Pembangunan Indonesia. This is indicated by the value of sig. 0.007 <0.05 then Ha is accepted and Ho is rejected
Stigma dan Perilaku Bullyng di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sinjai Utara Nurfatmawati Nurfatmawati; Syamsu Andi Kamaruddin; Ahmadin Ahmadin
Phinisi Integration Review Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v3i2.14920

Abstract

Stigma dan Perilaku Bullying Di MAN 1 Sinjai Utara Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. (Di bimbing oleh Syamsu Andi Kamaruddin dan Ahmadin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bentuk stigma dan perilaku bullying di MAN 1 Sinjai Utara. Dan 2) Kebijakan sekolah mengatasi stigma dan perilaku bullying di MAN 1 Sinjai Utara. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan stigma dan perilaku bullying di MAN 1 Sinjai Utara, adapun teknik pengumpulan data yaitu melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data yaitu triangulasi sumber yaitu untuk mengkaji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.  Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (i) Bentuk stigma dan perilaku bullying di MAN 1 Sinjai Utara meliputi tiga bentuk yaitu stigma dan perilaku bullying siswa jurusan IPA ke IPS, stigma dan perilaku bullying guru ke siswa jurusan IPS, pendapat siswa jurusan IPS terhadap guru yang melakukan stigma dan perilaku bullying terhadap siswa jurusan IPS. (ii) Kebijakan sekolah mengatasi stigma dan perilaku bullying di MAN 1 Sinjai Utara meliputi dua kebijakan yaitu pertama kebijakan pusat dalam hal ini kurikulum dan yang ke dua kebijakan sekolah.
Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Peningkatan Kompetensi Psikomotorik Dan Afektif Siswa Nur Ghaniyu Amran; Andi Agustang
Phinisi Integration Review Vol 3, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v3i2.14422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum 2013 dalam Peningkatan Kompetensi Psikomotorik siswa, dan Implementasi Kurikulum 2013 dalam Peningkatan Kompetensi Afektif siswa SMA Negeri 8 Maros. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purpose sampling, dengan kriteria guru yang aktif dan guru mengajar minimal 9 tahun ke atas di SMA Negeri 8 Maros. Jumlah informan sebanyak 5 orang guru yang masih aktif dan mengajar minimal 9 tahun ke atas dan guru yang mengajar pada mata pelajaran IPS di SMA Negeri 8 Mandai. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum 2013 dalam peningkatan kompetensi psikomotorik siswa di SMA Negeri 8 Maros terdiri dari tiga aspek dari guru yaitu (a) keterampilan berdiskusi, (b) keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan, (c) keterampilan mengerjakan tugas.2) Implementasi kurikulum 2013 dalam peningkatan kompetensi afektif siswa di SMA Negeri 8 Maros yaitu dikelompokkan menjadi enam penilaian yaitu: (a) pemahaman materi pembelajaran dari guru, (b) motivasi belajar siswa, (c) penentuan dan penilaian sikap dar guru, (d) ikut serta dalam kegiatan organisasi, (e) sikap disiplin dan jujur di dalam kelas.

Page 1 of 2 | Total Record : 19